Headlines News :
Home » » Kepatuhan Wajib Pajak Rendah

Kepatuhan Wajib Pajak Rendah

Written By Admin on Rabu, 20 Maret 2013 | 14.54

MUARA BUNGO - Jumlah wajib pajak pribadi di kabupaten Bungo yang tercatat di KKP Pratama Muara Bungo tercatat sebanyak 31 ribu. Namun pada realisasi, kepatuhan yang terlaksana pada tahun 2012 baru 11 ribu, atau hanya 35 persen.

Namun demikian, jumlah penerimaan wajib pajak yang diterima oleh KKP Pratama Muara Bungo sudah melampaui target yang ditentukan. Dari target Rp 305 miliar, penerimaan wajib pajak ini mencapai Rp 322 miliar.

KPP Pratama Muara Bungo - Foto: www.pajak.go.id
“Jumlah penerimaan memang over target. Tapi jumlah kepatuhan masih sangat rendah,” ungkap Tribowo, Kepala KPP Pratama Muara Bungo saat acara pekan panutan SPT tahunan orang pribadi di ruang pola kantor Bupati Bungo, Rabu (13/3).

Meski target penerimaan sudah melampaui, Tribowo menggarisbawahi bahwa itu dikarenakan kepatuhan perusahaan yang berbadan hukum di kabupaten Bungo dalam pembayaran pajak, bukanlah dari pribadi.

“Ini menjadi kontradiktif, setelah dievaluasi, tercapinya angka 106 persen itu didominasi oleh kontribusi perusahaan berbadan hukum, bukan wajib pajak orang pribadi ," tegasnya.
Dirinya berharap, dengan dilakukan pekan panutan SPT tahunan yang digelar kemarin dapat memberikan contoh kepada masyarakat wajib pajak khususnya di kabupaten Bungo. Sebab, para pemimpin daerah dan jajaran merupakan orang pertama memasukkan SPT dan juga PBB.

“Kita berharap agar ada dampak positifnya kepada masyarakat luas dengan dilakukannya pekan kepatuhan ini. Mudah-mudahan kepatuhan tahun ini akan lebih baik," harapnya.
Wakil Bupati H. Mashuri dalam sambutannya mengatakan, untuk mewujudkan kemandirian dalam pembiayaan pembangunan, salah satu upayanya adalah dengan meningkatkan pencapaian target pajak sektor riil. Bahkan sebutny, menurut undang-undang, pajak merupakan sumber utama pembiayaan pembangunan, dengan tujuan akhir meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Biasanya semakin maju suatu negara, tingkat kesadaran membayar pajakpun juga tinggi," ujar Mashuri dalam sambutannya.

Pemda kata wabup, memberikan apresiasi diadakannya pekan panutan SPT tahunan ini. Langkah ini sebutnya, sebagai media sosialisasi sekaligus sekaligus bentuk edukasi perpajakan yang memberikan tauladan kepada masyarakat Bungo, agar lebih tergugah kesadarannya dan kepeduliannya dalam kewajiban perpajakannya.

“Semua pihak diharapkan terlibat aktif dalam pencapaian target pajak ini. Khususnya kepada Camat dan Lurah sebagai ujung tombak agar memberikan dukungan sepenuhnya, sehingga berdampak positif terhadap meningkatnya penerimaan negara dari sektor pajak, yang tentunya akan berdampak pula pada penerimaan PAD Bungo," sambungnya lagi.

Untuk wajib pajak tahun ini, wabup juga menghimbau agar seluruh komponen masyarakat dapat segera melaksanakan kewajiban penyampaian SPT tahunannya sebelum 31 Maret nanti.(ari)

Sumber: http://www.bungoteboekspres.com/berita-9952-kepatuhan-wajib-pajak-rendah.html


Ad BelajarInggris.net Tempat Kursus Bahasa Inggris Online cepat dan Mudah tanpa grammar Full Conversation / Percakapan Bersertifikat
Share this post :
 
Info Bungo : Tentang Kami | Maklumat | Disclaimer | Kontak | Komentar | Info Donasi | Surat Terbuka | Your Link
Copyright © 2009 - 2015. Info Bungo - Some Rights Reserved
Template Created by Creating Website >>
>>