Headlines News :
Home » , , » Sektor Pangan Rugi Rp3 Miliar Akibat Banjir Di Bungo

Sektor Pangan Rugi Rp3 Miliar Akibat Banjir Di Bungo

Written By Admin on Rabu, 13 Februari 2013 | 09.16


MUARA BUNGO – Banjir yang menerjang kabupaten Bungo beberapa waktu lalu ternyata menimbulkan kerugian yang sangat besar. Berdasarkan data yang berhasil dihimpun, kerugian akibat bencana banjir itu mencapai angka Rp 4 Miliar lebih.
Ilustrasi Akibat banjir - Photo google.com
Hal ini diungkapkan oleh Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Kesbangpol Linmas Kabupaten Bungo, Yohanes Afandi, Selasa (12/2). Menurutnya, angka kerusakan akibat tersebut terhitung sejak tanggal 25 Desember 2012 sampai dengan banjir seminggu yang lalu.
“Ini memang banjir terbesar, kerugian yang diderita mencapai empat miliar rupiah lebih,” tuturnya.
Kerusakan dan kerugian akibat bencana banjir kemarin lanjutnya, terdiri dari sector Tanaman Pangan dan Hortikultura, Peternakan dan Perikanan, serta sektor Pendidikan. Kerusakan dan kerugian banjir tersebut, sambungnya, direkap berdasarkan laporan dari beberapa instansi yang bersinggungan dengan musibah banjir kemarin.
Sektor yang paling parah kata Yohanes terajdi pada bidang Tanaman Pangan dan Hortikultura. Di bidang tersebut banyak tanaman padi yang puso, menurunnya produksi komoditi, serta banyak jalan usaha tani yang longsor. Lalu berapa luas lahan persawahan masyarakat yang diterjang banjir sehingga mengakibatkan gagal panen?
Yohanes mengaku pihaknya masih melakukan pendataan. Ia juga mengatakan lahan komoditi yang puso terjadi di tujuh Kecamatan terdiri dari Rantau Pandan, Bathin III, Pasar Muara Bungo, Muko-muko Bathin VII, Bathin III Ulu, Tanah Sepenggal, dan Tanah Sepenggal Lintas.
“Kerusakan di sektor Tanaman Pangan dan Hortikultura hampir tiga milyar. Sedangkan Peternakan dan Perikanan lebih satu Milyar,” urainya.
Sementara sektor pendidikan mengalami kerugian sekitar setengah milyar. Kerusakan dan kerugian itu hanya terjadi di wilayah Rantau Pandan dan Kecamatan Pelepat. Kerugian di daerah lain belum terdata.
Untuk di ketahui, banjir yang menerjang sejak tanggal 25 desember 2012 lalu menyebabkan sebagian besar kabupaten Bungo terendam banjir dan menyebabkan banyak kerusakan yang ditimbulkan. Dari 17 kecamatan di kabupaten Bungo, sebanyak 10 kecamatan terkena banjir tersebut.(infojambi.com/NJR)


Ad BelajarInggris.net Tempat Kursus Bahasa Inggris Online cepat dan Mudah tanpa grammar Full Conversation / Percakapan Bersertifikat
Share this post :
 
Info Bungo : Tentang Kami | Maklumat | Disclaimer | Kontak | Komentar | Info Donasi | Surat Terbuka | Your Link
Copyright © 2009 - 2015. Info Bungo - Some Rights Reserved
Template Created by Creating Website >>
>>