Headlines News :
Home » , , , » Sekolah Kreatif Angsa Putih dan Panggung Balada Anak Rimba

Sekolah Kreatif Angsa Putih dan Panggung Balada Anak Rimba

Written By Admin on Minggu, 20 Januari 2013 | 12.32


Kreator: Guritas Education
Proyek ini bergerak dalam bidang pendidikan dan kebudayaan bagi orang rimba di Kabupaten Bungo, Propinsi Jambi, agar mereka mendapatkan kesempatan untuk kehidupan yang lebih baik

Sekolah Kreatif Angsa Putih dan Panggung Balada Anak Rimba adalah proyek Pendidikan dan Kebudayaan dengan konsep seni daerah berbasis kearifan lokal. Dan sesuai dengan identifikasi, maka hal yang fokus dieksplor adalah anak rimba dan krinok sebab ini merupakan bagian dari kebudayaan daerah.

Sekolah Kreatif Angsa Putih dan Panggung Balada Anak Rimba juga merupakan sebuah proyek pendidikan dan kebudayaan yang mengangkat wacana pendidikan bagi warga dan terutama bangsa kita sendiri yang mana orang rimba masih tertinggal dalam bidang pendidikan di era modernisasi sekarang ini. Proyek ini memiliki target agar berlanjut hingga orang rimba bisa mendapatkan kehidupan lebih baik, anak rimba dapat bersekolah dan hidup seperti masyrakat Indonesia yang lainnya dengan memiliki akses pendidikan yang sama. Setelah Sekolah Kreatif Angsa Putih selesai dalam mengajar dan membimbing anak rimba, tim akan menampilkan kesenian teater orang rimba di panggung budaya Propinsi Jambi hingga nasional.
Panggung Balada Anak Rimba
Panggung Balada Anak Rimba mengangkat bagaimana kehidupan orang rimba di Kabupaten Bungo Propinsi Jambi yang masih ketinggalan jauh dari asapek globalisasi melalui panggung seni dan budaya. Dalam pembuatan proyek ini tim Sekolah Angsa Putih turut merasakan bagaimana kehidupan orang rimba Bungo, seiring proyek ini berjalan tim turut berbagi dengan mereka dan tinggal di sana dengan aktifitas mengajar anak rimba, membagikan buku serta membuat pelatihan seni. Tanpa dukungan dari anak-anak bangsa seperjuangan proyek ini tidaklah dapat terwujud dengan harapan, sebab itu kami sangat membutuhkan kebersamaan anak bangsa turut mensuport kami.
Latar Belakang Proyek
Proyek Sekolah Kreatif Angsa Putih ini direalisasikan dikarenakan melihat kondisi Orang Rimba yang semakin lama semakin kehilangan hutan tempat tinggalnya, akibat dari pembalakan liar, pertambangan bahkan eksploitasi hutan yang berlebihan. Dengan kehilangan hutan sebagai tempat tinggal serta kebun sebagai mata pencaharian mereka, banyak di antara mereka datang ke kota-kota kecil di Jambi, khususnya Bungo hanya untuk mengadu nasib dengan menjadi pengemis atau peminta-minta di jalanan dengan tinggal di pinggiran jalan dan tidak tahu apa yang harus diperbuat dan dikerjakan. Ini dikarenakan tidak adanya pengetahuan yang diberikan kepada mereka sejak lahir. Masyarakat tentunya tidak ingin melihat mereka kelak semuanya di Propinsi Jambi ini kehilangan tempat tinggal dan sengsara entah di mana. Untuk itu, proyek ini dengan bantuan dari suporter dapat diwujudkan sebagai awal untuk masyarakat Indonesia mau membantu dan memberi perhatian kepada mereka agar mendapatkan perlindungan, ilmu pengetetahuan dan pendidikan bahkan kepedulian lainnya sebagai makhluk ciptaan Tuhan yang sama.

Tujuan dan Harapan Proyek
Hal-hal yang diproyeksikan oleh tim ini adalah mengajar anak-anak Rimba, memberi bantuan buku-buku dan pelatihan seni dan budaya khususnya serta pembuatan dan penerbitan karya tulis tim seperti : Antologi Puisi  "Balada Anak Rimba " dan Buku " Balada Anak Rimba, Suku Anak Dalam ". Setelah ini terwujud, timSekolah Kreatif Angsa Putih akan menampilkan teater di tingkat propinsi dan nasional tentang kehidupan Orang Rimba yang semakin lama semakin memprihatinkan. Direncanakan penampilan teater nantinya diperankan oleh pemain teater Sekolah Kreatif Angsa Putih dan Orang Rimba (suku Anak Dalam) sendiri dengan harapan agar masyarakat Indonesia mengetahui keberadan Anak Rimba. Mengenai bagaimana mereka, siapa mereka dan mengpa mereka seperti ini. Agar mereka yang tinggal di pulau-pulau lain juga  mengetahui masih ada manusia-manusia yang perlu kita perhatikan lebih dari kehidupan kita untuk pengetahuan bersama.

Penggunaan Dana

Dana yang terkumpul akan digunakan di antaranya untuk biaya transportasi, peralatan mengajar, properti kesenian, obat-obatan, kosumsi, dan tenaga pengajar yang dibutuhkan.

Rencana Pelaksanaan proyek

Sekolah Kreatif Angsa Putih dan Panggung Balada Anak Rimba direncanakan dilaksanakan pada akhir Maret 2013


BelajarInggris.net Tempat Kursus Bahasa Inggris Online cepat dan Mudah tanpa grammar Full Conversation / Percakapan Bersertifikat
Share this post :

+ komentar + 1 komentar

8 Februari 2013 13.25

Wah..lucu juga yach :D :D :D

Posting Komentar
 
Info Bungo : Tentang Kami | Maklumat | Disclaimer | Kontak | Komentar | Info Donasi | Surat Terbuka | Your Link
Copyright © 2009 - 2015. Info Bungo - Some Rights Reserved
Template Created by Creating Website >>
>>