Headlines News :
Home » , » APBD Bungo Tahun Anggaran 2013 Mencapai Rp1 Triliun

APBD Bungo Tahun Anggaran 2013 Mencapai Rp1 Triliun

Written By Info Bungo on Kamis, 17 Januari 2013 | 16.03


MUARA BUNGO, infobungo.com – Anggaran Pendapatan dan Belanja (APBD) Kabupaten Bungo mencapai Rp1 triliun lebih. Angka tersebut diketahui setelah adanya hasil evaluasi dari Gubernur Jambi atas RAPBD Kabupaten Bungo Tahun Anggaran 2013. “APBD Kabupaten Bungo setelah hasil evaluasi dari Gubernur Jambi, angkanya menjadi Rp1 triliun lebih” kata Sekretaris Daerah Kabupaten Bungo Drs.H.Ridwan Is.MM dalam rapat antara Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) dengan Badan Anggaran (Banggar) DPRD Kabupaten Bungo, Rabu (16/1). Sebelumnya RAPBD Kabupaten Bungo Tahun Anggaran 2013 yang mendapat persetujuan bersama DPRD pada tanggal 17 Desember 2012 yang lalu adalah sebesar Rp923,44 milyar lebih.

Dari informasi yang diperoleh selama rapat berlangsung berdasarkan hasil evaluasi Gubernur Jambi tersebut, Bungo mendapat tambahan anggaran dari Pemerintah Pusat dan Pemprov Jambi,  juga terdapat rasionalisasi pendapatan dan belanja daerah.  Rasionalisasi tersebut antara lain pengurangan pendapatan dari Dana Bagi Hasil (DBH) dari Pemerintah Pusat, pengurangan biaya perjalanan dinas pada beberapa SKPD yang digeser ke Belanja Modal atau ke kegiatan lain, serta rasionalisasi pada beberapa belanja daerah.

Sesuai dengan hasil evaluasi Gubernur Jambi, Kabupaten Bungo mendapat tambahan dana sebesar Rp21 milyar untuk pembangunan jalan dan pembuatan jembatan menuju Bandara Muara Bungo. Selain itu juga tambahan dana dari Provinsi Jambi Rp15,57 milyar lebih untuk program SAMISAKE (Satu Milyar Satu Kecamatan), tambahan dana dari Pemerintah Pusat Rp78,88 milyar lebih untuk Sertifikasi dan tambahan penghasilan guru PNS, penganggaran kembali kegiatan yang dibiayai DAK Tahun 2012 yang belum selesai. “Kegiatan-kegiatan tersebut pada RAPBD yang disampaikan kepada Gubernur Jambi, belum masuk. Kemudian sekarang kita masukan, maka APBD Kabupaten Bungo tahun Anggaran 2013 ini sehingga menjadi Rp.1 triliun lebih” lanjut Sekda.  

Selanjutnya dengan adanya penambahan dan perubahan/pergeseran tersebut maka struktur APBD Tahun Anggaran 2013 pendapatan menjadi Rp946,26 milyar dan belanja menjadi Rp1,051 triliun. Dengan demikian defisit anggaran sebesar Rp105 milyar. Untuk menutup defisit tersebut digunakan SiLPA Tahun Anggaran 2012.

Hadir pada kesempatan rapat tersebut antara lain Ketua Banggar DPRD, M.Mahili,SH.MH, Para Wakil Ketua Banggar DPRD, para Anggota Banggar DPRD, Sekda Bungo Drs.H.Ridwan Is.,MM, Kepala Bappeda Dedy Irawan,SE.MM., Kepala DPPKAD Rozali,SE.,ME serta para anggota TAPD Kabupaten Bungo, beberapa Kepala SKPD serta undangan lainnya. (*)


BelajarInggris.net Tempat Kursus Bahasa Inggris Online cepat dan Mudah tanpa grammar Full Conversation / Percakapan Bersertifikat
Share this post :

+ komentar + 3 komentar

Anonim
19 Januari 2013 17.47

wah berarti APBD kab.bungo hampir menyamai APBD Prov. Jambi......hebat

Anonim
20 Januari 2013 15.52

apakah bendara muaro bungo sudah beroperasi setiap hari dari rute bungo-jakarta

20 Januari 2013 19.43

untuk saat ini, info yang info bungo tau baru empat kali seminggu

Poskan Komentar

 
Info Bungo : Tentang Kami | Maklumat | Disclaimer | Kontak | Komentar | Info Donasi | Surat Terbuka | Your Link
Copyright © 2009 - 2013. Info Bungo - Some Rights Reserved
Template Created by Creating Website >>
>>