Headlines News :
Home » , , » Pemkab Bungo Anggarkan Rp14,1 Miliar Untuk PDPM

Pemkab Bungo Anggarkan Rp14,1 Miliar Untuk PDPM

Written By Admin on Senin, 17 Desember 2012 | 16.56


MUARA BUNGO -INFOBUNGO.COM.  Program Daerah Pemberdayaan Masyarakat (PDPM) yang dicanangkan oleh Bupati dan Wakil Bupati Bungo pada 23 Februari 2012, pada tahun kedua 2013 ini  dianggarkan Rp14,1 milyar, yaitu untuk 141 dusun (desa)  masing-masing Rp 100.000.000.

Pada 2012 PDPM dianggarkan sebanyak dua periode yaitu pada APBD murni dan APBD Perubahan. Untuk tahun 2013, dianggarkan secara penuh untuk semua dusun pada APBD induk tahun 2013. Demikian info yang didapat dari DPPKAD Kabupaten Bungo.
Tujuan umum PDPM adalah meningkatkan kesejahteraan dan kesempatan kerja masyarakat di dusun dengan mendorong kemandirian dalam pengambilan keputusan dan pengelolaan pembangunan.


Keluaran program ini diharapkan terjadinya peningkatan keterlibatan kelompok masyarakat mulai dari perencanaan sampai dengan pelestarian, Terlembaganya system pembangunan partisipatif di dusun dan antar dusun, Terjadinya peningkatan kapasitas pemerintahan dusun dalam memfasilitasi pembangunan partisipatif, Berfungsi dan bermanfaatnya hasil kegiatan PDPM bagi masyarakat, Terbentuk dan berkembangnya kerjasama antar dusun dalam pengelolaan pembangunan.

Adapun sasaran PDPM adalah :
  1. Lokasi Sasaran PDPM meliputi seluruh Dusun dalam Kabupaten Bungo;
  2. Kelompok Sasaran meliputi Masyarakat Dusun, Kelembagaan Masyarakat dan Kelembagaan Pemerintah Dusun.

Kegiatan yang dibiayai dengan PDPM :
  1. Pembangunan/Perbaikan Infrastruktur Sarana Prasarana Publik Skala Kecil (Sarpras Air Bersih, Jalan Setapak, Got/Drainase, Rehab Jembatan Gantung, Tiang Listrik dan Sarpras Ekonomi;
  2. Biaya Operasional Pengelolaan Unit Pengelola Kegiatan (BOP-UPK) Kecamatan;
  3. Biaya Operasional Pengelolaan Tim Pengelola Kegiatan (BOP-TPK) Dusun.

 (*)


BelajarInggris.net Tempat Kursus Bahasa Inggris Online cepat dan Mudah tanpa grammar Full Conversation / Percakapan Bersertifikat
Share this post :
 
Info Bungo : Tentang Kami | Maklumat | Disclaimer | Kontak | Komentar | Info Donasi | Surat Terbuka | Your Link
Copyright © 2009 - 2015. Info Bungo - Some Rights Reserved
Template Created by Creating Website >>
>>