Headlines News :
Home » , , , » Bupati Bungo Launching Program PDPM Rp.100 juta per Dusun.

Bupati Bungo Launching Program PDPM Rp.100 juta per Dusun.

Written By Admin on Kamis, 23 Februari 2012 | 14.12

Info Bungo, Muara Bungo - Bertempat di Lapangan Pusparagam Muara Bungo, Kamis tanggal 23 Februari 2012 Bupati Bungo H.Sudirman Zaini melakukan peluncuran (launching) program unggulan berupa Program Daerah Pemberdayaan Masyarakat (PDPM). Hadir pada kesempatan tersebut Wakil Bupati Bungo H.Mashuri, unsur Muspida, para Kepala SKPD, para Camat, para Datuk Rio, Tokoh Masyarakat, Unit Pengelola Kegiatan (UPK)serta masyarakat lainnya.

Dalam sambutannya Bupati Bungo berharap dukungan semua pihak untuk pelaksanaan program PDPM tersebut. Dengan program ini setiap Dusun (Desa) akan menerima dana sebesar Rp.100 juta mulai tahun 2012 ini.

Menurut Kepala BPMPD PP dan KB, Mursidi, dalam paparannya bahwa latar belakang dari kegiatan ini adalah bahwa Kabupaten Bungo memiliki persoalan kemiskinan dan pengangguran. Kemiskinan di Kabupaten Bungo dapat dilihat dari tiga pendekatan; yaitu kemiskinan alamiah, kemiskinan struktural, dan kesenjangan antar wilayah. Persoalan pengangguran lebih dipicu oleh rendahnya kesempatan dan peluang kerja di dusun. Upaya untuk menanggulanginya harus menggunakan pendekatan multi disiplin yang berdimensi pemberdayaan. Pemberdayaan yang tepat harus memadukan aspek-aspek penyadaran, peningkatan kapasitas, dan pendayagunaan. Mulai Tahun Anggaran 2012, Pemerintah Kabupaten Bungo mencanangkan Program Daerah Pemberdayaan Masyarakat (PDPM). PDPM merupakan Program Unggulan untuk mempercepat tercapainya Visi dan Misi Pembangunan Kabupaten Bungo yaitu Menuju BUNGO MAS (Mandiri, Aman dan Sejahtera) Tahun 2016, yang mengadopsi Mekanisme Progran PNPM Mandiri Perdesaan.

PDPM memusatkan kegiatan di tingkat Dusun. Setiap dusun disediakan dana kegiatan sebesar Rp.100.000.000,- (Seratus Juta Rupiah,-). Dalam pelaksanaan PDPM peran serta masyarakat sangat dominan dimulai dari Perencanaan, Pelaksanaan dan Pelestarian kegiatan yang dibantu pendamping PDPM untuk membantu masyarakat yang dituangkan dalam RPJM-Dusun. Program PDPM dilaksanakan dibawah binaan Bapak Bupati, Wakil Bupati, DPRD, Sekretaris Daerah dan Dinas Instansi terkait.

Tujuan umum PDPM adalah meningkatkan kesejahteraan dan kesempatan kerja masyarakat di dusun dengan mendorong kemandirian dalam pengambilan keputusan dan pengelolaan pembangunan.

Keluaran program ini diharapkan terjadinya peningkatan keterlibatan kelompok masyarakat mulai dari perencanaan sampai dengan pelestarian, Terlembaganya system pembangunan partisipatif di dusun dan antar dusun, Terjadinya peningkatan kapasitas pemerintahan dusun dalam memfasilitasi pembangunan partisipatif, Berfungsi dan bermanfaatnya hasil kegiatan PDPM bagi masyarakat, Terbentuk dan berkembangnya kerjasama antar dusun dalam pengelolaan pembangunan.

Adapun sasaran PDPM adalah :


  1. Lokasi Sasaran PDPM meliputi seluruh Dusun dalam Kabupaten Bungo;
  2. Kelompok Sasaran meliputi Masyarakat Dusun, Kelembagaan Masyarakat dan Kelembagaan Pemerintah Dusun.

KEGIATAN YANG DIBIAYAI PDPM :

  1. Pembangunan/Perbaikan Infrastruktur Sarana Prasarana Publik Skala Kecil (Sarpras Air Bersih, Jalan Setapak, Got/Drainase, Rehab Jembatan Gantung, Tiang Listrik dan Sarpras Ekonomi;
  2. Biaya Operasional Pengelolaan Unit Pengelola Kegiatan (BOP-UPK) Kecamatan;
  3. Biaya Operasional Pengelolaan Tim Pengelola Kegiatan (BOP-TPK) Dusun.

Pada kesempatan tersebut juga dilakukan penandatanganan Naskah Perjanjian Hibah (NPHD) secara simbolis antara Kepala DPPKAD Kabupaten Bungo Rozali,SE atas nama Bupati Bungo dengan tiga orang Ketua UPK (Unit Pengelola Kegiatan) yaitu Ketua UPK Kecamatan Bathin III, Ketua UPK Kecamatan Pelepat dan Ketua UPK Kecamatan Bungo Dani.

Peluncuran program PDPM juga ditandai dengan pelepasan balon udara oleh Ibu Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Bungo. Pada kesempatan tersebut juga dimeriahkan dengan pertunjukan tarian dan lagu-lagu daerah. (infobungo.co.cc)

BelajarInggris.net Tempat Kursus Bahasa Inggris Online cepat dan Mudah tanpa grammar Full Conversation / Percakapan Bersertifikat
Share this post :

+ komentar + 1 komentar

23 Februari 2012 14.21

Bungo MAS 2016 mulai terwujud.....

Posting Komentar
 
Info Bungo : Tentang Kami | Maklumat | Disclaimer | Kontak | Komentar | Info Donasi | Surat Terbuka | Your Link
Copyright © 2009 - 2015. Info Bungo - Some Rights Reserved
Template Created by Creating Website >>
>>