Headlines News :
Home » , » Merek Beras Bungo "Tigo Sari" Dipatenkan

Merek Beras Bungo "Tigo Sari" Dipatenkan

Written By Admin on Kamis, 21 Oktober 2010 | 17.31

Kamis, 21 Oktober 2010
Muarabungo, Jambi (ANTARA News) - Pemkab Bungo tengah mengajukan hak paten atas merek beras "Tigo Sari" mengingat makin tingginya daya serap dan produksi padi sawah dan ladang di Kabupaten Bungo, Jambi.

Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura Kabupaten Bungo Harmadji saat dihubungi di Bungo, Kamis, mengatakan, pihaknya telah mengajukan kepada Kementrian Hukum dan HAM untuk mendapatkan hak paten atas merek beras Tigo Sari.

"Kita sudah melakukan pemasaran terhadap beras Tigo Sari milik Bungo, sebelum kita lebih luas lagi memasarkan beras tersebut," katanya.

Harmadji menjelaskan, perkembangan pertanian pangan Bungo pada tahun 2009 khusus untuk tanaman padi sawah dan padi ladang mencapai 44.493 ton atau mengalami peningkatan dari 34.544 ton pada tahun 2008.

"Peningkatan produksi tani ini disebabkan keinginan masyarakat untuk kembali ke sawah, sudah mulai khususnya di daerah transmigrasi," katanya.

Pihaknya selalu memberikan penjelasan ke kelompok tani melalui penyuluh untuk memanfaatkan tanah kosong atau lahan tidur, untuk ditanami padi atau tanaman palawija lainnya.

Hasilnya ada beberapa petani yang sudah mulai kembali bertani, namun masih banyak juga lahan tidur yang belum bisa digunakan.

Untuk produksi tanaman lainnya, produksi jagung mencapai 7.028 ton, ubi kayu 3.471 ton, kacang tanah 1.108,2 ton dan kedelai 467,86 ton. Sementara itu pada tahun 2009 produksi buah-buahan mencapai 17.194,9 ton dan produksi sayur-sayuran mencapai 9.976,5 ton.

Untuk berita lebih lengkap silahkan kunjungi web sumbernya: http://www.antaranews.com

Sarang Semut Papua - Herba Anti Kanker No. 1!
Share this post :
 
Info Bungo : Tentang Kami | Maklumat | Disclaimer | Kontak | Komentar | Info Donasi | Surat Terbuka | Your Link
Copyright © 2009 - 2015. Info Bungo - Some Rights Reserved
Template Created by Creating Website >>
>>