Headlines News :
Home » , , » Hasil SP 2010, Jumlah Populasi SAD di Jambi Mencapai 3.198 Orang

Hasil SP 2010, Jumlah Populasi SAD di Jambi Mencapai 3.198 Orang

Written By Admin on Selasa, 31 Agustus 2010 | 17.09

31 Agustus 2010 - http://berita21.com
Berdasarkan hasil Sensus Penduduk tahun 2010 ini, tercatat jumlah populasi penduduk Orang Rimba, atau kerap disebut Suku Anak Dalam (SAD) di Provinsi Jambi mencapai 3.198 orang, hal itu diungkapkan Kepala Badan Pusat Statistik Provinsi Jambi, Dyan Pramono Effendi, melalui Kepala Bidang Statistik Sosial, Berdikarjaya kepada berita21.com, Senin siang (30/08/2010) di Kota Jambi.Dikatakan Berdikarjaya, ketika itu didampingi Kadek Suardani, selaku Penanggung Jawab bidang Kehumasan Sensus Penduduk tahun 2010, menurut Berdi, metodologi dan konsep yang dilakukan pihak BPS menggunakan konsep yang lebih spesifik dan bersifat khusus.

Pihak BPS Provinsi Jambi, tambah Berdi, untuk melakukan pencacahannya sengaja pihaknya melibatkan tim khusus dari KKI Warsi Jambi agar data yang diperoleh lebih optimal, paparnya.

“Untuk melakukan pencacahan penduduk terhadap warga SAD kali ini, kita dari BPS Provinsi Jambi menggunakan konsep yang lebih khusus dengan melibatkan tim khusus dari (KKI) Warsi agar diperoleh data yang lebih optimal,” sebutnya.

Hal senada juga ditambahkan Kadek Suardani selaku Penanggung Jawab bidang Kehumasan SP 2010 kepada media ini. Dijelaskan Kadek, untuk melakukan pencacahan penduduk terhadap warga SAD dalam SP 2010 kali ini, pihak BPS Provinsi Jambi menggunakan metode dan konsep yang sangat bersifat khusus, mulai daftar pertanyaannya, petugas pencatatannya, dan pencatatan kependudukannya.

“Untuk SP kali ini, pihak BPS menggunakan metode dan konsep yang sangat bersifat khusus, dan untuk melakukan pencacahannya, pihak BPS melibatkan tim khusus dari (KKI) Warsi untuk melakukan sensus ini. Mulai daftar kuisionernya yang bersifat khusus, orang yang melakukan pencacahannya pun juga sangat khusus, yakni dari (KKI) Warsi, serta penduduk yang kita cacah pun juga sangat bercirikan khusus, karena menyangkut keberadaan suku terasing yang ada di Provinsi Jambi,” urainya.

Lebih lanjut ditambahkan Kadek Suardani, menurutnya, berdasarkan hasil sensus penduduk yang dilakukan pihak BPS Provinsi Jambi berkerja sama dengan KKI Warsi Jambi, selama bulan April hingga Mei 2010 lalu, jumlah populasi warga SAD yang tersebar di seluruh wilayah Provinsi Jambi mencapai 3.198 orang.

Jumlah populasi itu, masih oleh Kadek, meliputi jumlah laki-laki SAD sebanyak 1.610 orang, sementara jumlah perempuannya mencapai 1.588 orang yang tersebar di lima wilayah kabupaten se-Provinsi Jambi. Masing-masing kabupaten tersebut, sebut Kadek dengan rinci, mencakup Kabupaten Merangin yakni 858 orang, meliputi jumlah laki-laki sebanyak 439 orang dan perempuan 419 orang.

Lalu, di Kabupaten Sarolangun tercatat sebanyak 1.095 orang, meliputi jumlah laki-laki sebanyak 537 orang dan perempuan 558 orang. Kabupaten Batang Hari, jumlah SAD mencapai 79 orang, yakni jumlah laki-laki sebanyak 40 orang dan perempuannya sebanyak 39 orang.

Sementara Kabupaten Tanjung Jabung Barat, yakni jumlah populasi SAD sebanyak 57 orang, dengan rincian laki-laki sebanyak 31 orang dan perempuannya sebanyak 26 orang.

Kabupaten Tebo, jumlah populasi SAD mencapai 823 orang dengan rincian laki-laki sebanyak 420 orang dan perempuan 403 orang. Kemudian di Kabupaten Bungo, jumlah SAD mencapai 286 orang, dengan rincian laki-laki dan perempuan, masing-masing sebanyak 143 orang, demikian tuturnya.
Afrizal/B21

Sumber: http://berita21.com

Sarang Semut Papua - Herba Anti Kanker No. 1!
Share this post :

Poskan Komentar

Pen Kamera Bluetooth Earphone
Pompa angin elektrik Up To 50 PSI, Panjang selang 60 cm, Super Bright LED Lights. MICHELIN Electric Tyre Inflator [12260]
 
Info Bungo : Tentang Kami | Maklumat | Disclaimer | Kontak | Komentar | Info Donasi | Surat Terbuka | Your Link
Copyright © 2009 - 2014. Info Bungo - Some Rights Reserved
Template Created by Creating Website >>
>>