Headlines News :
Home » , » Kampanye Jambi Dimulai

Kampanye Jambi Dimulai

Written By Admin on Kamis, 03 Juni 2010 | 08.49

Kamis, 3 Juni 2010
JAMBI, KOMPAS - Empat pasang calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jambi resmi memulai rangkaian kampanye, terhitung 2-15 Juni 2010. Kampanye digelar di kabupaten/kota di Jambi berbentuk kampanye terbuka, aksi simpatik, pemasangan iklan di media massa maupun di tempat publik, serta debat publik.

Menurut Ketua Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Provinsi Jambi Yasir Arafat, Rabu (2/6), KPUD sudah mendesain bentuk kampanye mengacu Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah. Di sana diatur sistem dan tata cara pelaksanaan pemilihan kepala daerah, termasuk bentuk kampanye yang dibolehkan.

”Yang disetujui tatap muka kader-simpatisan dalam bentuk kampanye terbuka dengan pengerahan massa. Lalu bentuk aksi simpatik, iklan media massa-baliho-spanduk, sampai debat publik,” katanya.

Menyambut kampanye yang dimulai Kamis (3/6), KPUD berharap keempat pasang calon Pilkada Jambi tidak melenceng dari ketentuan. Harapan serupa juga dilontarkan Gubernur Jambi Zulkifli Nurdin.

”Tolong hindari kampanye negatif, yang materinya menghasut, memfitnah, menjelek-jelekkan pasangan lain. Masyarakat pemilih sudah cerdas. Salah satu tolok ukurnya, apakah calon yang dipilih bermain bersih dan elegan,” katanya.

Enam zona

Sesuai dengan jadwal kampanye, panitia pelaksana membagi wilayah kampanye menjadi enam zona, dalam waktu saling terpisah satu sama lain. Pembagian zona dan pemisahan lokasi kampanye untuk mencegah sekan antarkader dan massa pendukung.

”Khususnya dari massa atau kader para partai politik. Ini juga mempertimbangkan koalisi parpol Pilkada Jambi yang cukup banyak dan merata,” katanya.

Zona-zona kampanye itu adalah Zona I meliputi Kabupaten Kerinci dan Kota Sungai Penuh, Zona II di Kabupaten Sarolangun dan Merangin, Zona III di Kabupaten Bungo dan Tebo, Zona IV meliputi Kabupaten Batanghari dan Muaro Jambi, Zona V di Kota Jambi, serta terakhir Zona VI meliputi Kabupaten Tanjung Jabung Barat dan Tanjung Jabung Timur.

Menurut anggota KPUD Provinsi Jambi, Azhar Mulia, tiap kandidat diberi kesempatan 19 kali kampanye. Namun, tidak semua kandidat mendapat kesempatan sama di setiap zona dalam hal pelaksanaannya.

Ia mencontohkan kandidat gubernur dan wakil gubernur nomor urut satu, yakni Zulfikar Achmad-Ami Taher. Pada hari pertama, mereka berkampanye di Zona I (Kerinci dan Sungai Penuh) dan Zona V (Kota Jambi). Sementara kandidat nomor urut dua mendapat kesempatan kampanye di Zona II (Sarolangun dan Merangin) dan di Zona VI (Kabupaten Tanjung Jabung Barat dan Tanjung Jabung Timur).

”Dua kandidat lain hanya berkampanye di satu zona pada hari pertama,” katanya. Pada hari terakhir kampanye, setiap kandidat hanya mendapatkan kesempatan kampanye di satu zona yang saling terpisah. (ONI)

Sumber: http://cetak.kompas.com

Sarang Semut Papua - Herba Anti Kanker No. 1!
Share this post :
 
Info Bungo : Tentang Kami | Maklumat | Disclaimer | Kontak | Komentar | Info Donasi | Surat Terbuka | Your Link
Copyright © 2009 - 2015. Info Bungo - Some Rights Reserved
Template Created by Creating Website >>
>>