Headlines News :
Home » , , , , , » Wabup Panen Perdana Di Tanah Tumbuh

Wabup Panen Perdana Di Tanah Tumbuh

Written By Admin on Senin, 01 Juni 2009 | 06.02

Senin, 01/06/2009 | Infojambi.com
MUARABUNGO – Wakil Bupati (wabup) Bungo, H Sudirman Zaini Minggu kemarin (30/05) panen padi perdana di Kecamatan Tanah Tumbuh Dusun Panjang. Sebelumnya pada hari yang sama panen juga dilaksanakan Di Dusun Pedukuh.

Panen perdana yang dilakukan oleh seluruh warga Kecamatan Tanah Tumbuh itu dengan jumlah lahan kurang lebih 40 hektar. Diantaranya 20 hektar tanaman padi yang akan dipanen itu tidak pernah dipupuk, namun kesemua itu tetap diolah oleh warga setempat.
Wabup menyampaikan kepada warga yang hadir, program yang seperti ini sangat didukung serius oleh pihak pemerintah. Karena hal ini merupakan program yang skala nasional. “iIni merupakan perogaram nasional dan salah satunya adalah pemeberdayaan pengemabangan pangan swasembada beras dalam bidang pangan. Dalam hal ini pihak pemerintah juga sangat mendukung, dengan memberikan bantuan berupa bibit dan tata cara pengelolhan pertanian yang baik,” sebut Sudirman.

Sementara itu, Kepala Dinas (kadis) Pertanian dan Hortikultura Kabupaten Bungo, H Syaful Azhar juga mengatakan, pola pengembangan pertanian terus dikembangkan dan digiatkan dalam kehidupan masyarakat. Apalagi dengan adanya kerisi global yang sampai-sampai turunnya harga sawit dan karet. “Namun ketika harga hasil perkebunan seperti itu anjlok, ketarapan ekonomi masyarakat pun ikut turun. Dengan demikian pertanian pangan bisa diteruskan agar kebutuhan masyarakat trus tercukupi,” uangkapnya.

Apa lagi dalam kegiatan penerusan pertanian ini meruapakan wujud bersama agar tidak ketergantungan. Contohnya saja, jika dulunya Kabupaten Bungo sempat ada pasokan beras dari luar, namun dengan adanya kegiatan pertanian ini, paling tidak kita bisa mencukupinya.

“Jika kehidupan pertanian masyarakat seperti ini terus berlanjut, ini merupakan tahapan awal terhadap swasembada beras, yang dulunya daerah kita banyak didatangkan beras luar. Jadi paling tidak kita juga bisa menghasilkan untuk keperluan daerah kita dulu,” ungkap kepala Dinas Pertanian. (infojambi.com/SEN)

Sumber:http://infojambi.com

Sarang Semut Papua - Herba Anti Kanker No. 1!
Share this post :
 
Info Bungo : Tentang Kami | Maklumat | Disclaimer | Kontak | Komentar | Info Donasi | Surat Terbuka | Your Link
Copyright © 2009 - 2015. Info Bungo - Some Rights Reserved
Template Created by Creating Website >>
>>