Headlines News :
Home » , , , » Gempa dari Gunung Kerinci Masih Hantui Masyarakat Kayu Aro

Gempa dari Gunung Kerinci Masih Hantui Masyarakat Kayu Aro

Written By Admin on Selasa, 12 Mei 2009 | 05.47

Selasa, 12/05/2009 | Infojambi.com

KERINCI - Masyarakat Kecamatan Kayu Aro masih diguncang gempa yang bersumber dari Gunung Kerinci. Getaran gempa tremor dirasakan warga sejak beberapa hari terakhir. Minggu (10/5) sekitar pukul 22.00 WIB, gempa kembali terjadi yang cukup membuat warga ketakutan, karena tanah tempat mereka berpijak bergetar hebat.

Namun sampai saat ini tidak diketahui, berapa milimeter ampilitudo akibat gempa tersebut. Jika amplitudo gempa tremor terus naik, maka potensi letusan juga kian besar. Akibat gempa ini, fase erupsi juga bakal terjadi.

Heri Prasetyo, Kepala Pos Pemantau Gunung Api, Senin (11/5) mengeluh minimnya peralatan pemantau Gunung api. Hal itu mengakibatkan tidak diketahui berapa besar getaran tremor dari Gunung Kerinci.

Untuk mengetahui kondisi riil Gunung Kerinci, Heri menghubungi Tim Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) di Bandung. Tim itu juga telah menjelaskan keadaan Gunung Kerinci dihadapan tokoh masyarakat dan Kepala Desa belum lama ini.

Karena kondisi peralatan yang tidak memadai, sehingga tim dari Bandung tidak bisa menjelaskan secara gamblang keadaan Gunung Kerinci apakah siaga satu atau tidak. ”Seharusnya ada satelit pemantau, kalau sismograf kita hanya mengetahui sedikit saja keadaan Gunung Kerinci yang sebenarnya,”ujarnya.

Tidak saja peralatan yang kurang, malah Heri juga mengeluhkan kekurangan tenaga. Sebab, hanya ia sendiri yang berada dilokasi dalam melakukan pemantauan Gunung Kerinci. Sementara gempa tremor telah terjadi. ”Saya telah minta bantu ke BMG pusat, tapi pihak BMG masih melakukan koordinasi terlebih dahulu,”jelasnya.

Heri juga mengakui akibat kekurangan peralatan pihaknya belum bisa merekam amplitudo kekuatan gempa. “Sampai saat ini kita tidak mengetahui berapa amplitudonya,”jelasnya.

Sementara itu Camat Gunung Tujuh Darifus, juga mengakui belum menerima pemberitahuan resmi dari pihak pemantau Gunung Kerinci. Apakah fase gempa tremor ini memerlukan evakuasi masyarakat atau tidak. Bahkan dia juga mengakui, terkait amplutudo gempa tremor juga belum diketahui karena pihak pemantau Gunung Kerinci sendiri belum memberikan data rinci.”Kita pasti diberitahu sistuasi terkini Gunung Kerinci, makanya saya akan berkomonikasi dengan mereka dahulu,”jelasnya.

Untuk diketahui, gejala peningkatan aktivitas Gunung Kerinci kian meningkat. Percikan api dan semburan asap juga tidak bisa dipantau dari bawah gunung. Bahkan saat ini telah mamasuki gempa tremor.

Geri salah seorang warga Kayu Aro mengaku cemas dengan kondisi Gunung Kerinci yang sering mengeluarkan percikan api dan guncangan secara tiba-tiba. ”Tidak jelas status Gunung Kerinci. Dikatakan aman, kenapa ada getaran dan percikan api. Kalau jelas status Gunung Kerinci bisa pula kami siap-siap menghadapi kemungkinan terburuk,” keluhnya. (infojambi.com/AL)

Sumber: www.infojambi.com

Sarang Semut Papua - Herba Anti Kanker No. 1!
Share this post :
 
Info Bungo : Tentang Kami | Maklumat | Disclaimer | Kontak | Komentar | Info Donasi | Surat Terbuka | Your Link
Copyright © 2009 - 2015. Info Bungo - Some Rights Reserved
Template Created by Creating Website >>
>>