Headlines News :
Home » , , , » Dedi - Dillah Jago PAN. ZN : Keduanya Punya Keunggulan

Dedi - Dillah Jago PAN. ZN : Keduanya Punya Keunggulan

Written By Admin on Senin, 25 Mei 2009 | 15.28

Senin, 25 Mei 2009 | Jambiekspres.co.id
MUARABUNGO - Salah satu diantara Dedi Putra atau Dillah Hikmah Sari Hich, hampir dapat dipastikan akan menjadi wakil PAN dalam persaingan perebutan kursi ketua DPRD Provinsi Jambi.

Hal ini menyusul makin menguatnya sinyalemen arah dukungan petinggi PAN yang mengerucut ke dua nama tersebut.

Ditemui usai membuka MTQ ke 39 di Kabupaten Bungo, kemarin malam, Ketua DPW PAN, Zulkifli Nurdin (ZN), secara terbuka kembali menyebut nama Dedi Putra dan Dillah Hich sebagai nominator jago PAN.

“Sampai sekarang kita belum memutuskan siapa yang bakal kita ajukan. Tapi saya kira memang Dedi Putra dan Dillah memiliki peluang yang sama untuk diajukan,” kata bang Zul- sapaan Zulkifli Nurdin.

Keduanya, Dedi Putra dan Dillah Hich, menurut bang Zul, memiliki keunggulan untuk diusung sebagai Ketua DPRD Provinsi Jambi.

Pihaknya, kata dia, memiliki pertimbangan dalam menentukan kader yang bakal diajukan sebagai calon ketua DPRD Provinsi.

“Saya kira Dedy Putra memiliki keunggulan karena ia sudah sukses memimpin DPRD Kabupaten Bungo selama dua priode. Jadi ia memiliki pengalaman yang cukup untuk dicalonkan. Sedangkan Dillah merupakan caleg PAN dengan suara terbanyak dan ini juga menjadi bahan pertimbangan kita di DPW," papar bang Zul.

Nama Dedi Putra dan Dillah Hich tercatat sudah dua kali dicuatkan sebagai kandidat ketua DPRD Provinsi Jambi dari PAN oleh bang Zul yang notabene merupakan orang nomor satu di internal partai biru tersebut.

Hal ini diyakini merupakan cerminan arah dukungan bang Zul kelak.

Ditanya, kapan PAN akan memutuskan sikap dan siapa diantara dua nama tersebut yang bakal dipilih ? Bang Zul mengelak dan enggan menyebut nama.

“Kan waktunya cukup panjang, jadi tunggu saja. Kita pasti akan mencalonkan yang terbaik,” sebutnya.

Sebelumnya, di internal PAN beberapa nama kader sempat mencuat sebagai kandidat ketua DPRD Provinsi. Selain Dedi Putra dan Dillah Hich ada nama salah satu kader senior Supriyono dan termasuk Bambang Bayu Suseno.

Sementara itu, pengamat politik Jambi, Muchtar Latif, mengatakan, dalam penetapan calon yang akan diusung oleh parpol, hendaknya ada tiga hal yang harus dipertimbangkan.

Pertama, masalah kemampuan dalam memahami fungsi legislasi. Bagaimana seorang ketua harus bisa mengaplikasikan keinginannya membela rakyat melalui fungsi tersebut.

“Sebagai ketua dewan, setidaknya dia bisa memahami dan memberikan penjelasan kepada anggota dewan lainnya yang sangat heterogen,”papar Muchtar.

Lebih lanjut, adalah kemampuan dalam memahami fungsi budgeting atau penganggaran keuangan.

“Sebab mereka yang mengesahkan anggaran-anggaran yang telah dirancang oleh pihak eksekutif,”sebut Muchtar.

Ketiga, seorang figure ketua DPRD Provinsi harus memahami fungsi dewan sebagai perancang undang-undang.

"Mereka juga harus memahami hukum, karena mereka yang akan merevisi dan mengesahkan aturan-aturan daerah,” terang Rekto IAIN STS ini.

Muchtar juga menyarankan agar Zulkifli Nurdin selaku ketua DPW PAN melakukan seleksi, siapa diantara figur-figur tersebut yang bisa berhubungan baik dengan pihak eksekutif. Karena nantinya figur-figur tersebut harus bekerjasama dalam membangun Jambi.

“Antara legislatif dan eksekutif harus bisa sejalan agar pembangunan lebih baik,” pungkasnya. (kta/wne)

Share this post :
 
Info Bungo : Tentang Kami | Maklumat | Disclaimer | Kontak | Komentar | Info Donasi | Surat Terbuka | Your Link
Copyright © 2009 - 2015. Info Bungo - Some Rights Reserved
Template Created by Creating Website >>
>>