Headlines News :
Home » , , » Tanah Tumbuh Kembali ke Sistem Pemerintahan Adat

Tanah Tumbuh Kembali ke Sistem Pemerintahan Adat

Written By Admin on Kamis, 26 Februari 2009 | 23.55

Kamis, 26/02/2009 | infojambi.com

MUARABUNGO – Langkah berani diambil Pemkab Bungo. Bupati Bungo H. Zulfikar Achmad akan menghidupkan kembali sistem pemerintahan adat dengan konsekwensi desa dirubah menjadi dusun. Selain itu, jika sebelumnya pemerintahan desa dipimpin kepala desa, dengan program baru ini dusun akan dipimpin oleh Rio.

“Dengan program ini, Bungo akan menjadi satu-satu kabupeten di Indonesia yang menerapkan sistim ini,” ujar Zulfikar Achmad di Kecamatan Tanah Tumbuh  Kabupaten Bungo, Kamis (26/02). Saat itu Zulfikar meresmikan perubahan status Kelurahan Tanah Tumbuh menjadi Dusun Tanah Tumbuh.

Menurut Bupati, kembali ke sistem pemerintahan adat dengan menerapkan hukum adat, suatu langkah berani. “Ini sudah merupakan keputusan final sejak dua tahun lalu,” kata Zulfikar disaksikan Anggota DPR-RI Ismail Tajuddin. Ia juga menegaskan, jika peristiwa ini belum pernah ada daerah di Indonesia. Apalagi, di tengah krisis moral dan agama sekarang ini.

Salah satu tujuan merubah status desa dan kelurahan menjadi dusun serta mengganti status kepala desa dan lurah menjadi Rio, kata bupati, untuk memperoleh pemimpin di level terbawah yang benar-benar pilihan rakyat yang berkualitas, mengerti dengan adat istiadat dan persoalan agama.

Bupati Zulfikar mengaku sudah sangat risau melihat peralihan kebiasaan masyarakat dari hari ke hari dan dari tahun ke tahun yang bertambah jelek. Sudah terlalu jauh bergeser dari kondisi masyarakat 50 tahun yang lalu.

“Anak muda sekarang sudah tidak tahu lagi dengan malu. Sesuatu yang masa lalu tabu, sekarang sudah biasa dilakukan. Sesuatu yang di masa lalu janggal, sekarang sudah menjadi tontonan keseharian,” bebernya. Zulfikar memperlihatkan contoh anak remaja putri keluar malam dengan laki-laki, dulu dihukum dengan nikah. Sekarang sudah menjadi kebiasaan dan dibiarkan begitu saja. (infojambi.com/HBL)


Sumber: http://infojambi.com


Arsip Berita Lainnya

Share this post :

+ komentar + 3 komentar

11 April 2009 09.31

Assalamualaikum...
Saya sangat senang denga adanya info seperti ini, sehingga saya bisa mengetahui perkembangan di daerah saya. ini sekedar masukan kalu bisa infonya up tu date ya.. kalu saya lihat infonya kuarang up to date.
Makasih

11 April 2009 09.34

Assalamualaikum...
saya sangat senang denganb adanya info perkembangan bungo ini, tapi ini sekedar masukan agar info yang di masukin up to date. jadi saya bisa tahu perkembangan di daerah saya. maklum saya di tidak di buungo..
Makasih.
Wassalam..

11 April 2009 17.51

Terima kasih atas kunjungannya. terima kasih juga atas masukannya. Info Bungo selalu berusaha menyajikan info yang up to date. Sekali lagi terima kasih atas masukannya.

Posting Komentar
 
Info Bungo : Tentang Kami | Maklumat | Disclaimer | Kontak | Komentar | Info Donasi | Surat Terbuka | Your Link
Copyright © 2009 - 2015. Info Bungo - Some Rights Reserved
Template Created by Creating Website >>
>>